7 Prospek Kerja Menjanjikan Para Lulusan S1 Smart Science dan Technology

Lulusan S1 Smart Science dan Technology di Indonesia punya prospek kerja yang sangat cerah. Anda bisa memilih pekerjaan di berbagai sektor industri. Gajinya besar, lho!

Banyak orang yang menganggap sebelah mata mahasiswa S1 Smart Science dan Technology . Alasannya, mereka menganggap kalau lulusan jurusan ini memiliki pengetahuan yang cukup tanggung, terutama dibandingkan dengan prodi teknik lainnya seperti teknik elektro, teknik mesin, dan sebagainya. Padahal, fakta yang ada di lapangan memperlihatkan fenomena berbeda. Alumni jurusan S1 Smart Science dan Technology mempunyai prospek kerja yang luas dan dibutuhkan banyak perusahaan.

Anda bisa memanfaatkan peluang kerja luas kalau menjadi bagian dari mahasiswa jurusan S1 Smart Science dan Technology terbaik di Indonesia seperti Telkom University (Tel-U). Terlebih lagi, jurusan S1 Smart Science dan Technology Tel-U memiliki akreditasi A dan universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas pendidikan selama perkuliahan.

Lalu, apa saja prospek kerja S1 Smart Science dan Technology yang bisa Anda jalani selepas mendapatkan gelar sarjana? Seperti yang telah disebutkan, ada banyak pilihan karier yang dapat Anda jalani. Dari sekian banyak opsi, berikut ini tujuh pilihan prospek kerja menjanjikan dan menarik:

1. Industri Rekayasa dan Konstruksi

Pilihan prospek kerja pertama yang dapat Anda jalani setelah memperoleh gelar S1 S1 Smart Science dan Technology adalah pekerjaan di sektor industri rekayasa dan konstruksi atau engineering, procurement, and construction (EPC). Sektor industri ini memiliki tanggung jawab dalam melakukan rancang bangun pabrik (plant), fasilitas produksi, dan semacamnya. Proses rancang bangun berlangsung sejak pembuatan rancangan di atas kertas sampai fasilitas mulai beroperasi.

Dalam industri EPC, banyak keahlian dari alumni S1 Smart Science dan Technology di Indonesia dibutuhkan. Anda bakal terlibat secara aktif dalam proses perancangan. Terlebih lagi, lulusan jurusan S1 Smart Science dan Technology terkenal dengan kemampuan yang berkaitan dengan sistem kontrol dan instrumentasi. Anda dapat menggunakan keahlian tersebut dalam melakukan perancangan sistem otomasi dalam proyek yang tengah dikerjakan.

2. Industri Produk Sistem Instrumentasi dan Integrator Sistem

Prospek kerja S1 Smart Science dan Technology berikutnya bisa Anda temukan di sektor industri produk sistem instrumentasi dan integrator sistem. Perusahaan yang berkecimpung dalam industri ini menjalankan bisnisnya dengan memproduksi berbagai produk alat instrumentasi dan kontrol.

Kehadiran seorang lulusan jurusan S1 Smart Science dan Technology memiliki peran penting dalam memastikan kalau produk yang dibuat mampu bekerja dengan baik. Tak jarang, pihak perusahaan pun menyediakan layanan ekstra berupa integrasi sistem sekaligus.

3. Industri Pengolahan dan Manufaktur

Prospek kerja yang tak kalah menjanjikan bisa pula didapatkan oleh lulusan jurusan S1 Smart Science dan Technology terbaik di Indonesia di sektor industri pengolahan dan manufaktur. Perusahaan yang berkecimpung di sektor ini memerlukan kehadiran tenaga insinyur instrumentasi dan kontrol dalam banyak aspek. Anda bakal bertanggung jawab dalam melakukan perawatan sistem. Selain itu, ada pula tugas yang berkaitan dengan penyelesaian masalah serta perancangan sistem baru di dalam pabrik.

Tanggung jawab besar insinyur instrumentasi dan kontrol tidak lepas dari penggunaan sistem otomatis di industri pengolahan dan manufaktur. Keberadaan sistem yang otomatis memungkinkan perusahaan untuk melakukan aktivitas produksi secara efektif, efisien, dan aman. Menariknya lagi, industri pengolahan dan manufaktur tersedia dalam berbagai kategori, termasuk di antaranya adalah industri makanan, industri semen, industri pupuk, dan lain sebagainya.

4. Industri Perminyakan dan Pertambangan

Lulusan S1 Smart Science dan Technology terbaik bisa pula memperoleh pekerjaan bergaji besar yang ditawarkan oleh perusahaan di sektor industri perminyakan dan pertambangan. Posisi yang paling banyak ditawarkan oleh perusahaan untuk alumni S1 Smart Science dan Technology di Indonesia adalah insinyur instrumentasi. Tugas yang bakal Anda peroleh ketika menempati posisi tersebut adalah melakukan perancangan dan sekaligus pelaksana sistem kontrol dan monitoring.

Tawaran kerja yang bisa diperoleh alumni S1 Smart Science dan Technology di sektor industri perminyakan dan pertambangan tidak sekadar insinyur instrumentasi. Anda bisa pula mendapatkan kesempatan kerja di posisi lain, di antaranya adalah process engineering, control engineering, facility engineering, dan production engineering.

5. Industri Telekomunikasi dan Elektronika

Saat berkuliah di Jurusan S1 Smart Science dan Technology Universitas Telkom, Anda akan memperoleh pilihan bidang instrumentasi dan kontrol. Spesialisasi ini memberi kesempatan Anda untuk bekerja di perusahaan yang berkecimpung di bidang telekomunikasi serta produk elektronika.

6. Industri Energi Terbarukan

Industri yang memerlukan kehadiran tenaga lulusan S1 Smart Science dan Technology selanjutnya adalah industri energi terbarukan. Hal ini tidak bisa lepas dari adanya salah satu peminatan di jurusan S1 Smart Science dan Technology, yaitu rekayasa energi dan rekayasa material. Di situ, Anda akan mempelajari berbagai pengetahuan terkait pemanfaatan energi dari sumber daya terbarukan.

Peluang kerja di sektor industri energi terbarukan terbuka sangat lebar, khususnya bagi lulusan S1 Smart Science dan Technology. Terlebih lagi, banyak perusahaan saat ini menyadari pentingnya penggunaan energi terbarukan sebagai alternatif dari minyak bumi yang keberadaannya mulai menipis.

7. Industri Teknologi Informasi

Mahasiswa S1 Smart Science dan Technology memperoleh pembekalan pengetahuan yang sangat luas saat perkuliahan. Oleh karena itu, tidak heran kalau Anda mempunyai kesempatan untuk bersaing mencari kerja di sektor industri teknologi informasi. Kesempatan kerja di sektor ini secara khusus bisa Anda dapatkan dalam pilihan bidang minat instrumentasi dan kontrol.

Dibandingkan dengan lulusan teknik informatika, sistem informasi, ataupun ilmu komputer, penguasaan bahasa pemrograman oleh alumni S1 Smart Science dan Technology memang cukup terbatas. Namun, keterbatasan tersebut bisa menjadi salah satu keunggulan yang Anda miliki. Anda punya kesempatan untuk fokus menguasai salah satu bahasa pemrograman secara mendalam.

Nah, itulah prospek kerja S1 Smart Science dan Technology yang perlu Anda ketahui. Sampai di sini, Anda jadi tahu kalau kemampuan para lulusan jurusan S1 Smart Science dan Technology tidak kalah jika dibandingkan dengan alumni program studi lain, kan?

Anda bisa memperoleh kesempatan meraih masa depan cerah dengan memilih berkuliah di jurusan S1 Smart Science dan Technology dengan akreditasi yang bagus. Telkom University adalah pilihan terbaik kalau ingin berkuliah di program studi S1 Smart Science dan Technology dan memanfaatkan peluang tersebut. Ditambah lagi, Universitas Telkom adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik Indonesia.

Yuk, segera gabung dan ikut tes seleksi Tel-U!