Mengenal Lebih Jauh Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika di Telkom University

Metadeskripsi:
Manajemen Bisnis adalah salah satu jurusan yang ada di Telkom University. Mari mengenal lebih jauh tentang seluk-beluk jurusan yang satu ini.

Program studi manajemen di perguruan tinggi tidak pernah kehabisan peminat. Mengingat tingginya prospek karier dari jurusan ini, tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk meloloskan diri ke prodi manajemen di berbagai universitas unggulan.

Salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia saat ini adalah Telkom University. Perguruan tinggi yang lahir dari gabungan empat institusi pendidikan milik Telkom – Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom – ini juga menyediakan program studi manajemen yang terbagi menjadi 4 program, yaitu:

  1. S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
  2. S1 Akuntansi
  3. S2 Manajemen
  4. S2 PJJ Manajemen

Dari keempat prodi yang bernaung di bawah fakultas Ekonomi & Bisnis tersebut, prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika mungkin adalah yang paling diminati. Selain sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, jurusan tersebut juga memiliki kelas ICT Business yang merupakan versi kelas internasional dari program studi S1 Manajemen.

Sekilas Tentang Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika

Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) adalah sebuah program studi yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan implementasi teori bisnis di bidang teknologi.

Saat berbicara tentang teknologi, kebanyakan dari kita tentu akan mengaitkan topik tersebut dengan profesi-profesi “canggih” seperti software engineer, ahli data, atau pengembang. Padahal, untuk mengembangkan sebuah bisnis berbasis teknologi, diperlukan juga orang-orang yang memiliki pemahaman yang seimbang terhadap bidang keilmuan manajemen dan bidang keilmuan teknologi informasi

Dengan kata lain, seorang lulusan MBTI akan memiliki kompetensi terpadu di bidang manajemen bisnis dan sistem informasi. Hal ini membuat mereka menjadi sumber daya manusia yang ideal untuk mengembangkan atau mengelola sebuah bisnis dengan basis teknologi yang kental.

Sebagai gambaran, beberapa materi utama yang dipelajari oleh mahasiswa MBTI adalah:

  • Manajemen bisnis dan akuntansi
  • E-commerce dan bisnis informasi
  • Manajemen sistem informasi dan sumber daya manusia
  • Pengolahan data
  • Analisis dan perancangan sistem
  • Pengembangan ekosistem bisnis dan ekonomi digital

Harus diakui, saat ini MBTI masih menjadi program studi yang cukup sulit ditemukan. Pasalnya, hanya segelintir perguruan tinggi top yang memilikinya. Padahal, melihat pesatnya perkembangan industri teknologi dan telekomunikasi dalam negeri, lulusan prodi ini kemungkinan besar tidak akan kesulitan mencari peluang kerja.

Mengapa Memilih Manajemen Bisnis dan Informatika di Telkom University

Telkom University adalah salah satu universitas yang membuka program studi MBTI di bawah fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kurikulum pembelajaran yang dipakai sudah berkiblat ke KKNI (Kerangka Kerja Standar Kompetensi Nasional) yang direkomendasikan oleh Kemenristekdikti, serta sudah memperoleh akreditasi A berskala nasional dan internasional.

Materi yang diajarkan terbagi ke dalam mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Seperti namanya, mata kuliah wajib adalah materi ajar yang harus diambil oleh mahasiswa selama perkuliahan, contohnya seperti Sistem dan Bisnis Telekomunikasi, Analisis Investasi dan Portofolio, dan Proyek Kewirausahaan.

Sementara itu, materi pilihan adalah mata kuliah yang bebas dipilih oleh para mahasiswa. Mereka dapat memilih beragam materi menarik, mulai dari Manajemen Keuangan Internasional, Manajemen Aset, Perpajakan, dan Riset Pemasaran.

Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Selain sudah mendapat akreditasi A dan memiliki kelas internasional, prodi ini juga berpengalaman dalam hal pendidikan bidang keilmuan manajemen karena merupakan pengembangan dari Institut Manajemen Telkom yang sebelumnya berdiri sendiri.

Peluang Kerja Lulusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika

Aspek lain yang menarik dari jurusan ini adalah kesempatan untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih besar. Sebab, selain memiliki kompetensi di bidang manajemen, Anda pun akan mendapatkan keterampilan untuk mengembangkan dan mengelola sistem informasi – sesuatu yang sangat dibutuhkan di industri teknologi 4.0.

Secara umum, inilah beberapa kesempatan kerja untuk para lulusan MBTI:

Analis Manajemen Bisnis

Sistem pengelolaan sumber daya dalam sebuah perusahaan harus terus ditingkatkan seiring waktu. Dengan bertambahnya aset perusahaan dan strategi bisnis yang terus berubah, diperlukan kejelian untuk menyesuaikan sistem manajemen perusahaan. Di sinilah peran seorang analis manajemen bisnis diperlukan.

Dengan kompetensi di bidang analisis dan perancangan sistem, manajemen sumber daya manusia, serta manajemen operasi dan kualitas, lulusan MBTI berpeluang besar untuk mengisi posisi ini.

Konsultan Bisnis

Besarnya pasar di bidang telekomunikasi dan teknologi membuat banyak pemodal tertarik untuk terjun ke bidang tersebut. Sayangnya banyak dari mereka yang tidak memiliki pengalaman sehingga harus mengandalkan jasa seorang konsultan bisnis.

Hal ini memberikan peluang besar untuk para lulusan MBTI. Dengan pengetahuan tentang manajemen bisnis dan sistem informatika, mereka dapat menjadi konsultan bisnis andal di bidang telekomunikasi dan teknologi.

Analis Risiko Bisnis

Analisis risiko bisnis merupakan hal penting dalam pengembangan sebuah usaha. Perhitungan risiko dapat mencegah perusahaan melakukan keputusan yang berimbas buruk, baik dalam jangka pendek mau pun panjang.

Lulusan MBTI dapat mendalami karier sebagai analis risiko bisnis karena materi yang diajarkan di bangku perkuliahan sudah mencakup banyak keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang risk analyst, seperti manajemen data, perilaku konsumen, serta analisis investasi dan portofolio.

Pemasaran

Karier di bidang pemasaran tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, karier ini ada di hampir semua lini industri sehingga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Selain itu, jenjang karier yang menggiurkan juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan performa yang bagus, peluang Anda untuk menjadi manajer pemasaran dalam waktu kurang dari lima tahun terbuka lebar.

Sebagai tambahan, saat ini ada banyak perusahaan multinasional yang merekrut staf pemasaran dari jurusan MBTI karena sebagian besar bisnis mereka berhubungan erat dengan aplikasi teknologi komunikasi.

Dosen atau Tenaga Pendidik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, saat ini program pendidikan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika masih belum terlalu populer di Indonesia. Namun, melihat besarnya peluang di bidang ini, diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan akan ada banyak universitas yang memasukkan program ini ke dalam fakultasnya.

Dengan kata lain, akan ada banyak peluang menjadi dosen atau tenaga pengajar di bidang ini. Selain itu, mengingat saat ini pemerintah sedang menyerukan peralihan ke ekonomi digital dan penggunaan teknologi 4.0. Bukan tidak mungkin MBTI akan menjadi salah satu prodi manajemen unggulan di masa depan.

Penutup

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika bukan sekadar jurusan yang fokus pada manajemen bisnis, tetapi juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk melakukan analisis industri dan pengembangan sistem informasi.

Pada akhirnya, memilih jurusan kuliah merupakan perkara serius yang mesti dipikirkan matang-matang. Selain mencari prodi yang sesuai dengan cita-cita, Anda juga mesti mencari universitas yang berkualitas dan berpengalaman dalam mengasah talenta-talenta muda sesuai bidangnya.