Mengenal Teknik Biomedis, Jurusan dengan Prospek Kerja Cerah

Masa depan lulusan S1 teknik biomedis sangat cerah hingga beberapa tahun mendatang. Berikut ini kelebihan, prospek kerja, serta materi yang harus dipelajari.

Telutizen mungkin belum lama mendengar jurusan teknik biomedis. Jurusan ini memang baru ada di Indonesia pada tahun 2007. Namun, walaupun usianya masih muda, jurusan ini sangat layak kamu pertimbangkan.

Memangnya apa kelebihan dari jurusan kuliah ini? Apa saja yang dipelajari? Bagaimana prospek kerjanya? Yuk cari tahu disini!

Mengenal Teknik Biomedis

Teknik biomedis atau biomedical engineering adalah jurusan yang menggabungkan bidang ilmu kedokteran (medis) dan teknik. Kehadirannya tidak dapat dilepaskan dari kemunculan berbagai alat teknologi di dunia medis.

Kamu mungkin pernah menjumpai alat untuk mengukur tensi, gula darah, dan kadar oksigen. Ada juga peralatan canggih seperti alat USG yang bisa mengecek janin secara 4 dimensi atau CT-Scan yang menggabungkan kecanggihan komputer dan mesin sinar-X.

Perlu kamu ketahui, ada campur tangan teknisi biomedis dalam berbagai perangkat teknologi di atas dan semisalnya. Maka, jika kamu memilih prodi teknik biomedis, kamu harus bersiap jadi bagian dalam kerja rekayasa teknik yang sangat bermanfaat ini.

Kelebihan dan Prospek Kerja Teknik Biomedis

Career Planner memprediksi, pekerjaan yang berhubungan dengan biomedis akan mengalami pertumbuhan sebesar 7% dalam rentang 2016-2026.¹

“Kebutuhan lapangan kerja terhadap pekerjaan Biomedis akan terus meningkat seiring penggunaan teknologi dalam dunia medis yang juga bertambah. Jadi,  prospek kerjanya tentu sangat cerah.”

Ada banyak tempat yang membutuhkan lulusan perguruan tinggi dengan kemampuan biomedical engineering. Jadi, kamu tak perlu takut kesulitan mengembangkan karir sebagai ahli biomedis.

Tempat KerjaJenis Pekerjaan
IndustriDesign of new biomedical equipment, service engineer, performance testing for new or proposed, etc.
PemerintahanProduct testing and safety, establishing safety standard for biomedical equipment, etc.
Rumah SakitSupervise on medical device performance testing, provide advice on selection and use of biomedical equipment, etc.
Lembaga RisetSupervise laboratories and equipment, participate researcher, etc.
Lembaga PendidikanAcademic research, training next generation, biomedical engineer, etc.

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Biomedis

Secara umum, struktur mata kuliah di sejumlah kampus yang membuka S1 teknik biomedis sama. Sebagai acuan, kamu bisa melihat kurikulum Telkom University sebagai universitas swasta terbaik versi Webometrics.²

Perguruan tinggi swasta ini menetapkan 6 kategori pengetahuan dasar yang wajib mahasiswanya tempuh untuk mendapatkan gelar sarjana teknik biomedis.³

  1. Pengetahuan umum: pendidikan agama, pancasila & kewarganegaraan, olahraga, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.
  2. Teknik: kalkulus, fisika, kimia, jaringan dan multimedia, pemrograman, instrumen biomedis, dan banyak lagi.
  3. Biomedis dasar: biologi medis, anatomi, dan fisiologi.
  4. Teknik biomedis: fisika medis, biomekanika, sensor biomedis, pengolahan sinyal, dan banyak lagi.
  5. Pengembangan profesional: instrumentasi biomedis dan ICT application in healthcare.
  6. Ilmu penunjang: wirausaha, K3LL (keselamatan kerja dan lindung lingkung), dan ekonomi teknik.

Universitas Telkom, Pilihan Terbaik Kuliah Biomedis

Jika kamu mulai mempertimbangkan dengan serius jurusan ini, kamu perlu menjadikan univ telkom sebagai pilihan utama. 

Pada 2019 dan 2020, kampus ini berhasil meraih predikat PTS terbaik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Persentase penyerapan lulusannya di dunia industri dalam rentang 6 bulan jadi yang tertinggi.

Kampus swasta terbaik ini siap mewujudkan cita-cita kamu menjadi ahli teknik biomedis dengan karir cemerlang. Jika kamu siap memulai langkah, jangan ragu klik pop up chat di pojok kanan bawah layar perangkatmu sekarang!


Share this information on :