Mengulas Program S1 Informatika Telkom University beserta Peluang Kerjanya

Sebagai salah satu program studi unggulan di Telkom University, Teknik Informatika tidak pernah sepi peminat setiap tahunnya. Inilah ulasan lengkap dari program studi tersebut.

Memilih kampus dan jurusan kuliah adalah gerbang pertama menuju karier impian. Kualitas pendidikan yang baik dan sesuai dengan minat siswa adalah senjata terbaik untuk mengembangkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di level nasional, bahkan global.

Saat ini, ada banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia. Sekalipun banyak orang yang lebih tertarik dengan perguruan tinggi negeri, pada kenyataannya perguruan tinggi swasta juga memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya. Salah satunya adalah Telkom University.

Sejak dibuka pada tahun 2013, Telkom University telah mencatatkan beberapa prestasi gemilang. Beberapa prestasi tersebut adalah:

  • Menjadi universitas pertama di Jawa Barat yang mendapatkan akreditasi A secara nasional dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi)
  • Diakui sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
  • Memiliki 19 program studi yang sudah mendapat akreditasi internasional, mulai ABEST 21, ASIC hingga IABEE

Hingga saat ini, ada 7 fakultas di Telkom University yang menaungi tidak kurang dari 37 program studi. Jumlah yang cukup besar mengingat universitas ini baru berdiri sekitar 8 tahun saja.

Program Studi Teknik Informatika di Telkom University

Teknik Informatika adalah salah satu program studi di Fakultas Informatika Telkom University. Prodi yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT ini sejatinya sudah menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom sejak tahun 1992. Berkat kesuksesannya, kini prodi tersebut membuka kelas internasional yang sudah terakreditasi A.

Program kelas internasional yang disebutkan di atas memiliki beberapa keunggulan, mulai dari penyampaian materi dengan Bahasa Inggris, perluasan peluang untuk tampil atau mengikuti acara-acara internasional, serta fasilitas pendukung yang lebih memadai.

Kini, Prodi Teknik Informatika Telkom University sudah menjalin kerja sama dengan beragam universitas terkemuka, mulai dari Universitas Fraunhofer di Jerman, Universitas Wollongong Australia, hingga Multimedia University Malaysia. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dan memperluas kesempatan untuk bersaing di tingkat global.

Capaian Pembelajaran Program Studi

Telkom University senantiasa berusaha melakukan yang terbaik untuk menghasilkan bibit-bibit unggul di masa depan. Hal ini tercermin dari target capaian pembelajaran program studi yang menitikberatkan output perkuliahan ke dalam empat aspek, yaitu:

  • Sikap

Aspek ini berhubungan dengan pembangunan karakter seseorang. Hal tersebut meliputi sikap religius, rasa tanggung jawab, kemauan untuk terus belajar, kemampuan beradaptasi, kemampuan menerapkan teori informatika ke dalam praktik, dll.

  • Penguasaan pengetahuan

Aspek ini berkenaan dengan kemampuan seorang individu untuk menguasai teori dan prinsip dari ilmu yang dikaji, serta kemampuan untuk menerapkan konsep pengembangan sistem ke beragam platform.

  • Keterampilan khusus

Aspek ini berkaitan erat dengan kemampuan spesifik yang dipelajari selama kuliah, seperti cara merumuskan dan menganalisis masalah, cara bereksperimen dan membaca data, serta cara mengaplikasikan ilmu informatika di bidang yang sesuai.

  • Keterampilan umum

Aspek ini mencakup kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, kemampuan untuk mengevaluasi tugas secara sistematis, serta kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan data.

Daftar lengkap capaian pembelajaran program studi bisa Anda lihat melalui halaman ini.

Peluang Kerja Lulusan S1 Teknik Informatika Telkom University

Lulusan prodi Teknik Informatika bisa dibilang adalah pemain utama dalam poros industri digital yang kini berkembang amat pesat. Sejak pemerintah menyerukan penggunaan teknologi 4.0 di Indonesia, peminat program studi ini kian membludak setiap tahunnya.

Sampai tahun 2021, pertumbuhan industri ekonomi digital Indonesia mencapai angka 40% setiap tahun. Peningkatan sumber daya manusia dan aplikasi teknologi di dalam negeri mampu mendorong kemampuan industri tersebut untuk bersaing di level global. Alhasil, peluang kerja lulusan S1 Teknik Informatika terbilang cukup besar.

Beberapa profesi atau karier yang cocok ditekuni oleh lulusan prodi ini adalah:

Android dan iOS Developer

Saat ini, jumlah pengguna ponsel pintar di dunia menyentuh angka hampir 6 miliar orang. Fakta ini menunjukkan besarnya peluang pasar digital di segmen mobile, sekaligus alasan mengapa banyaklulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di bidang pengembangan Android dan iOS.

Beberapa kompetensi yang dibutuhkan untuk berkarir sebagai pengembang aplikasi mobile adalah penguasaan bahasa pemrograman seperti Java atau Swift, serta kemampuan untuk menyelaraskan User Interface dengan User Experience.

Software Engineer

Profesi yang satu ini mampu membesarkan nama beberapa tokoh di bidang teknologi, seperti Steve Wozniak, Bill Gates, serta Larry Page. Software engineering pada dasarnya adalah inti dari pembuatan sebuah perangkat lunak. Karena itu, tak heran jika peluang kerja profesi ini diperkirakan akan terus naik di era ekonomi digital.

Kompetensi yang diperlukan oleh seorang software engineer sebagian besar berhubungan dengan penguasaan bahasa pemrograman dan penyusunan kode menjadi fungsi aplikatif untuk membuat perangkat lunak.

Full Stack Developer

Posisi full stack developer termasuk ke dalam jabatan strategis di perusahaan berbasis teknologi. Oleh sebab itu, jangan heran jika bayaran yang ditawarkan terbilang cukup tinggi, bahkan untuk lulusan baru.

Full stack developer sendiri bertanggung jawab untuk mengembangkan keseluruhan sistem yang dibangun oleh sebuah aplikasi atau perangkat lunak. Orang yang mengisi posisi ini wajib memiliki wawasan luas mengenai sistem front-end dan back-end, serta mampu mengolah data dan melakukan engineering pada sistem utama. Selain itu, Anda juga harus mampu berkreasi dan berkomunikasi dengan baik karena pengembangan aplikasi pada dasarnya melibatkan banyak orang.

Analis Keamanan Dunia Siber

Keamanan data adalah isu lama yang masih memiliki urgensi hingga sekarang. Karena alasan ini, kebutuhan industri terhadap analis keamanan dunia siber tidak akan pernah habis. Peluang untuk berkarir di bidang ini pun terbuka lebar bagi para lulusan S1 Teknik Informatika.

Seorang analis keamanan biasanya berkutat dengan pencarian celah-celah keamanan pada sebuah sistem melalui uji coba dan pengetesan performa. Ia juga bertugas untuk memperbarui dan menyempurnakan keamanan sistem.

Ahli Data

Ahli data atau yang lebih dikenal dengan sebutan data scientist adalah profesi yang kian populer sejak munculnya istilah big data alias data besar. Big data sendiri kerap menjadi faktor kunci dalam pembuatan sebuah keputusan di perusahaan berbasis teknologi.

Seorang ahli data harus mampu melakukan pengolahan data kompleks dengan berbagai metode. Jika ingin menekuni profesi ini, kemampuan mengolah statistik dan membaca pola data, serta kemampuan menggunakan bahasa pemrograman Anda harus ada diatas rata-rata.

Front-end dan Back-end Developer

Front-end dan back-end developer mungkin adalah profesi yang paling umum bagi para lulusan teknik informatika. Wajar saja, sebab kompetensi di profesi ini memang berkaitan langsung dengan materi ajar yang dipelajari di bangku universitas, seperti HTML & CSS, Angular, JavaScript, dan React (front-end) atau Python dan PHP (back-end).

Selain karena materi yang relevan, profesi ini juga populer karena bayarannya yang cukup tinggi. Di Amerika Serikat, gaji seorang pengembang front-end dan back-end bahkan bisa mencapai kisaran angka $92.000 sampai $114.000 dollar, atau sekitar 1,3 sampai 1,7 miliar per tahun.

Penutup

Dari ulasan di atas, tidak heran jika program S1 Teknik Informatika Telkom University sangat diminati. Selain memiliki akreditasi A, prodi ini pun memiliki kelas internasional, serta menjanjikan peluang kerja yang sangat besar di masa depan.