Profil S1 Teknik Elektro
DAFTAR SEKARANG
S1 Teknik Elektro

INFORMASI UMUM S1 TEKNIK ELEKTRO

Program Studi S1 Teknik Elektro terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2249/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga  tanggal 13 Oktober 2021.

Kurikulum Program Studi S1 Teknik Elektro dirancang dengan total beban 144 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi adalah program studi yang mempelajari rekayasa di bidang telekomunikasi. Ruang lingkup rekayasa meliputi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi, protokol, layanan, desain dan teknik pengiriman informasi broadband. Agar dapat bersaing dimasa yang akan datang, mahasiswa dibekali pula dengan wawasan kemandirian, kewirausahaan serta kerjasama tim antardisiplin ilmu agar dapat berkompetisi, berkarya, berkontribusi dan mengembangkan diri di komunitas professional. Kurikulum pendidikan di Prodi S1 Teknik Telekomunikasi didesain selama 4 tahun dan mengacu pada kurikulum berbasis Outcome Based Educatiom (OBE).

Prodi S1-TT telah terakreditasi BAN PT dengan predikat “A” sesuai surat keputusan BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Prodi S1-TT terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) dengan kode Program Studi  20202 dan kode universitas 041057.

Program studi S1-Teknik Telekomunikasi (S1-TT) didirikan pada tanggal 28 September tahun 1990 oleh Ir. Cacuk Sudarijanto yang ketika itu menjabat sebagai Direktur Utama PT. Telkom. Program studi ini lahir sebagai bagian dari salah satu program studi di STT Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom). Prodi ini didirikan untuk mengantisipasi perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi dimana harus diimbangi dengan kesediaan sumber daya manusia yang mumpuni.

Pada tanggal 20 November 2007, STT Telkom bertransformasi menjadi IT Telkom (Institut Teknologi Telkom). Pada proses penggabungan menjadi Tel-U (Telkom University) pada tahun 2013, program studi S1 Teknik Telekomunikasi adalah salah program studi dibawah Fakultas Teknik Elektro (FTE).

Untuk menjalankan tridharma perguruan tinggi, program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) dibantu oleh Sekretaris Program Studi (Sekprodi) dan beberapa koordinator.


VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI

  • Menjadi program studi berstandar internasional dan menghasilkan sarjana berkeahlian Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi Sistem Elektronika, Sistem Kendali, atau Teknik Biomedika;
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Teknik Biomedika yang diakui secara internasional dengan melibatkan mahasiswa secara aktif;
  • Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Teknik Biomedika untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa.

TUJUAN

  • Program studi yang berstandar internasional;
  • Lulusan yang memiliki integritas, kompetensi, dan daya saing nasional dan internasional;
  • Budaya riset, atmosfer akademik lintas budaya, dan jiwa kewirausahaan di kalangan sivitas akademika;
  • Karya penelitian dan produk inovasi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan ekonomi nasional;
  • Peran aktif program studi dalam tata kelola fakultas dan universitas serta dalam tata kelola pendidikan tinggi di tingkat nasional maupun internasional.

LEARNING OUTCOME

Hasil analisis kebutuhan pasar dan pengembangan keilmuan yang telah dilaksanakan pada tahap pertama dalam bentuk rumusan Profil Lulusan, yang digunakan sebagai acuan untuk merumuskan capaian pembelajaran lulusan. Menurut Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, bab 1 pasal 1 ayat 2, capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.

Dalam Permendikbud No 49 tahun 2014 pasal 5 ayat 1, capaian pembelajaran lulusan sebagai rumusan standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Perumusan capaian pembelajaran lulusan selain mengacu pada profil lulusan, menurut Permendikbud no. 49 tahun 2014 pasal 5 ayat 3, wajib mengacu pada KKNI dan memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI. Keterkaitan antara profil lulusan, bidang keilmuan program studi, KKNI dan SN Dikti serta referensi kompetensi, disajikan pada Gambar di bawah. Langkah perumusan capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Mendeskripsikan visi dan misi keilmuan program studi.
  2. Melakukan analisis kebutuhan pasar dan stakeholder yang mendeskripsikan profil lulusan.
  3. Menggunakan deskripsi KKNI dan SN Dikti.
  4. Menggunakan referensi dalam dan luar negeri.