Seluk Beluk Program Studi Administrasi Bisnis di Telkom University

Administrasi Bisnis adalah salah satu program studi di bidang manajemen yang paling diminati. Simak ulasan mengenai program studi tersebut di Telkom University.

Bicara soal bidang keilmuan manajemen tidak akan lepas dari program studi Administrasi Bisnis (AdBis). Selain menjadi salah satu program studi yang paling banyak diminati di antara beragam cabang ilmu manajemen lainnya, peluang kerja lulusan AdBis yang menggiurkan membuat banyak calon mahasiswa tertarik untuk masuk ke jurusan ini.

Sayangnya, meskipun banyak diminati, sebagian besar orang belum memahami seluk-beluk program studi tersebut, entah dari sisi akademik mau pun peluang kariernya. Padahal, Administrasi Bisnis mungkin adalah jurusan manajemen dengan cakupan keilmuan yang paling luas.

Saat ini, Administrasi Bisnis menjadi satu dari tiga pilihan prodi di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Selain kelas reguler, Telkom University pun menyediakan kelas internasional untuk pelajar berbahasa asing.

Mengintip Garis Besar Bidang Keilmuan di Program Pendidikan Administrasi Bisnis 

Saat mendengar kata “Administrasi”, kebanyakan orang akan menghubungkannya dengan hal-hal kecil yang berkaitan dengan manajemen sebuah perusahaan atau lembaga usaha, seperti menerima telepon, mencetak surat, dan mengirim surel.

Anggapan ini jelas tidak benar. Sebab, pada kenyataannya bidang keilmuan prodi Administrasi Bisnis mengajarkan banyak keterampilan khusus yang manfaatnya sangat terasa di dunia kerja modern. Selain mempelajari materi yang berkaitan dengan manajemen, mahasiswa prodi ini juga wajib mempelajari materi akuntansi, statistik, operasi bisnis, bahkan analisis data.

Sebagai gambaran umum, inilah beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa Administrasi Bisnis:

  • Aplikasi dan Pemrograman Komputer
  • Akuntansi
  • Perilaku Konsumen
  • Sistem Informasi Bisnis
  • Komunikasi Bisnis
  • Data Analisis
  • Perencanaan Keuangan

Selain mata kuliah yang berhubungan dengan bisnis dan administrasi, ada juga beberapa mata kuliah “pelengkap”, seperti pemasaran, statistik bisnis, Bahasa Inggris, dan teknologi literasi.

Administrasi Bisnis di Telkom University

Administrasi Bisnis di Telkom University berada di bawah Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Saat ini, ada 1694 mahasiswa aktif di prodi tersebut. Dalam kurun waktu 12 tahun, ada lebih dari 1600 alumnus yang kini berkarir di berbagai bidang, mulai dari perbankan, start up, hingga bisnis.

Kualitas program studi ini tidak main-main. Tak cukup dengan akreditasi A dari BAN-PT, prodi ini juga memiliki akreditasi internasional ASIC sejak tahun 2019. Inilah mengapa Telkom University dapat membuka kelas internasional untuk jurusan ini.

Pengalaman Yayasan Pendidikan Telkom dalam mengembangkan talenta-talenta di bidang administrasi pun sudah terbukti selama puluhan tahun. Sebab, jauh sebelum berdirinya Telkom University, Telkom sudah mengembangkan dan mengelola Institut Manajemen Telkom.

Dengan pengayaan kurikulum berbasis kewirausahaan, para lulusan S1 Administrasi Bisnis Telkom University mampu mengembangkan keterampilan entrepreneurship, keterampilan interpersonal, dan kemampuan komunikasi yang baik untuk menjadi tenaga profesional yang kompeten di bidang pengelolaan bisnis.

Peluang Karir Lulusan Administrasi Bisnis Telkom University

Menyandang predikat sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia membuat para lulusan Administrasi Bisnis Telkom University memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk bersaing di dunia kerja.

Di antara beragam profesi dan jenjang karier potensial untuk para lulusan AdBis, berikut ini adalah beberapa yang paling populer:

Konsultan Bisnis

Kesempatan terjun di dunia korporasi tidak terbatas pada tingkat staf atau manajer saja, tetapi juga mencakup posisi yang lebih strategis, seperti konsultan bisnis. Pemahaman yang baik terhadap sistem administrasi dan ilmu bisnis membuat lulusan AdBis bisa berkarir di bidang ini.

Selain wajib memiliki wawasan yang baik seputar ilmu bisnis, seorang konsultan juga wajib memiliki visi dan kemampuan untuk melihat aspek-aspek bisnis dari segala sisi. Untuk itu, diperlukan pengalaman dan “jam terbang” yang tinggi untuk profesi ini.

Sebagai konsultan, Anda berperan untuk memberikan saran dan pendapat mengenai kebijakan dan sistem yang diimplementasikan oleh klien. Namun, peran Anda hanya sebatas memberikan saran, bukan membuat keputusan strategis.

Human Resource Development (HRD)

Posisi ini menjadi salah satu pilihan profesi terpopuler di antara lulusan prodi Administrasi Bisnis. Human Resource Development alias HRD mengemban tanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan pekerja, mulai dari menyelesaikan konflik di tempat kerja, merekrut dan mengeluarkan karyawan, hingga melakukan analisis kinerja setiap pegawai di sebuah perusahaan.

Jenjang karier HRD yang relatif lebih stabil daripada pekerja lainnya membuat posisi ini kerap dibanjiri peminat. Untungnya, lulusan AdBisa dipastikan dapat bersaing untuk memperoleh posisi ini karena ada banyak materi kuliah yang relevan dengan posisi tersebut.

Manajer Perusahaan

Menjadi manajer adalah impian banyak orang. Cara terbaik untuk meraih posisi strategis ini adalah dengan mengambil jurusan kuliah yang relevan, salah satunya adalah Administrasi Bisnis.

Seorang lulusan Administrasi Bisnis pada dasarnya sudah memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menduduki jabatan manajer, seperti kemampuan memahami model bisnis, melakukan perencanaan keuangan, dan mengelola sumber daya manusia.

Hanya saja, diperlukan pengalaman yang banyak untuk menjadi seorang manajer yang kompeten. Karena itu, carilah pengalaman sebanyak-banyaknya, bahkan ketika Anda masih duduk di bangku kuliah.

Staf Administrasi

Sebagai lulusan Administrasi Bisnis, terjun ke bidang administrasi jelas adalah pilihan yang paling aman. Apalagi, pendapatan seorang staf administrasi senior di perusahaan bonafid atau perusahaan multinasional bisa mencapai angka puluhan juta dalam sebulan!

Mata perkuliahan seperti administrasi dan bisnis, statistik bisnis, pemasaran, akuntansi, dan operasi bisnis akan sangat bermanfaat saat Anda meniti karier di bidang keadministrasian.

Selain peluang berkarir di ranah korporat dan perusahaan swasta, saat ini pemerintah juga kerap membuka kesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengisi pos di bidang administrasi pemerintahan.

Pebisnis

Jalur wirausaha adalah jalan yang terbuka lebar bagi para lulusan S1 Administrasi Bisnis Telkom University. Bekal keilmuan yang diajarkan selama perkuliahan sejatinya sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis dari nol.

Dengan modal pengetahuan di bidang pemasaran, operasi bisnis, perencanaan keuangan, sistem informasi, dan model bisnis, Anda dapat mulai berkecimpung di dunia usaha dengan merintis sebuah bisnis berdasarkan minat atau kemampuan sendiri.

Asyiknya, Telkom University sendiri menjadikan kemampuan entrepreneurship sebagai salah satu fokus utama selama masa pendidikan mahasiswa di bidang keilmuan Administrasi Bisnis. Hal ini adalah keuntungan tersendiri bagi Anda yang memang bercita-cita menjadi pengusaha.

Penutup

Cakupan bidang keilmuan yang menarik dan peluang kerja yang beragam adalah dua faktor utama yang membuat jurusan Administrasi Bisnis di Telkom University tak pernah sepi peminat di setiap tahun ajaran baru.

Selain itu, status akreditasi yang mumpuni dan pengalaman Telkom memproduksi talenta-talenta baru di dunia manajemen tampaknya juga bisa dijadikan “jaminan mutu” bagi para calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Terlepas dari kualitas lembaga pendidikan dan prodi pilihan Anda, hal terpenting untuk meraih cita-cita sejatinya ada pada kemauan dan kerja keras masing-masing individu. Oleh sebab itu, jangan berhenti belajar dan teruslah mengembangkan kemampuan di luar dinding kampus.