Wujud Komitmen Telkom University Selenggarakan Kuliah Tatap Muka

Meta deskripsi:

Kuliah tatap muka 2021 di Telkom University bisa memberi suasana belajar nyaman bagi para mahasiswa. Terlebih lagi, Tel-U punya komitmen kuat dalam penerapannya.

Para mahasiswa Telkom University (Tel-U) siap untuk menghadapi sesi perkuliahan di semester baru. Berbeda dengan semester sebelumnya, pelaksanaan kuliah pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 bakal berlangsung dengan sistem pembelajaran tatap muka. Universitas Telkom pun telah melakukan persiapan secara matang sebagai wujud komitmen menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Hanya saja, perkuliahan luring oleh Universitas Telkom berlangsung secara terbatas dalam format hybrid blended learning (HBL). Karena berlangsung secara terbatas, tidak semua mahasiswa bakal mengikuti sesi perkuliahan tatap muka. Namun, kebijakan ini menjadi sinyal positif bagi para mahasiswa dalam mendapatkan layanan pendidikan terbaik dari Tel-U yang dikenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik Indonesia.

Telkom University Memenuhi Syarat Pelaksanaan Kuliah Tatap Muka Terbatas

Kebijakan melaksanakan kuliah tatap muka Bandung secara terbatas tidak lepas dari kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Tel-U telah memenuhi empat persyaratan utama yang telah ditetapkan, yaitu:

1. Berada di Wilayah Zona Kuning atau PPKM Level 3

Tel-U mempunyai gedung kampus yang menjadi lokasi pembelajaran para mahasiswa. Kampus utama bisa Anda temukan di Jalan Telekomunikasi – Terusan Buahbatu, Kabupaten Bandung. Selain itu, ada pula gedung kampus lainnya yang berada di Gegerkalong Hilir serta Komplek Perkantoran PT Telkom.

Perlu diketahui, Kabupaten Bandung saat ini tercatat berada dalam situasi PPKM level 3. Sementara itu, Kota Bandung menerapkan status PPKM level 2. Dengan begitu, pemerintah memperbolehkan pelaksanaan kuliah tatap muka secara terbatas untuk kampus-kampus yang berada di wilayah Kota ataupun Kabupaten Bandung, termasuk Tel-U.

2. Izin dari Pihak Terkait

Syarat selanjutnya yang sudah dipenuhi oleh Tel-U adalah izin dari pihak terkait. Tel-U telah memperoleh izin tidak hanya dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, tetapi juga Satgas COVID-19 wilayah Kabupaten Bandung.

3. Memenuhi Syarat Partisipasi

Telkom University memiliki komitmen untuk memberlakukan syarat ketat pada mahasiswa yang berpartisipasi dalam kuliah tatap muka 2021. Syarat-syarat tersebut di antaranya adalah:

  • Berdomisili di wilayah Bandung Raya, meliputi Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kota Bandung
  • Telah menerima vaksin, minimal dosis pertama
  • Memperoleh izin dari orangtua atau wali
  • Menyetujui dan menandatangani pakta integritas prokes COVID-19

4. Menyetujui Pelaksanaan Kuliah Sesuai Prokes

Syarat terakhir adalah komitmen untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat selama pembelajaran tatap muka di lingkungan kampus Universitas Telkom. Protokol kesehatan ketat tersebut meliputi:

  • Kewajiban mengenakan masker
  • Menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer
  • Mengecek suhu kepada setiap orang yang memasuki wilayah kampus
  • Menyelenggarakan disinfeksi sarana dan prasarana yang ada di lingkungan kampus
  • Menjaga jarak
  • Membatasi kapasitas kelas
  • Menyediakan ruang isolasi sementara
  • Mempersiapkan tindakan dukungan terkait situasi kedaruratan penanganan COVID-19
  • Melakukan pelaporan kepada Satgas COVID-19 ketika mendapati adanya kasus COVID-19

Sesuai dengan panduan dari pemerintah, penyelenggaraan kegiatan kurikuler di dalam lingkup kampus tidak terbatas hanya pada pembelajaran tatap muka. Namun, para mahasiswa dapat pula ikut serta dalam kegiatan lainnya, termasuk di antaranya adalah aktivitas penelitian serta pengabdian masyarakat.

Telkom University Gelar Program Vaksinasi

Wujud komitmen lain yang dilakukan oleh Universitas Telkom dalam upaya menyelenggarakan sistem hybrid learning adalah lewat pelaksanaan program vaksinasi. Program ini telah berlangsung sejak tanggal 23 September 2021 dan merupakan hasil kerjasama antara Tel-U dengan lembaga lainnya, seperti Polda Jawa Barat dan Alumni Fakultas Kedokteran Unpad ’84.

Program vaksinasi sinovac dosis pertama tersebut berhasil menjaring sebanyak 2.182 peserta. Para peserta tidak hanya berasal dari keluarga besar Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Namun, banyak pula masyarakat umum dan pelajar yang berpartisipasi dalam vaksinasi. Hal ini jadi wujud nyata dukungan Tel-U bagi pemerintah dalam meningkatkan angka vaksinasi secara nasional.

Kelebihan Melaksanakan Kuliah Tatap Muka Bandung di Telkom University

Meski pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Universitas Telkom dilakukan secara terbatas, para mahasiswa tetap bisa memperoleh banyak manfaat. Manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Kesempatan Memanfaatkan Fasilitas Kampus Secara Maksimal

Berkat adanya kuliah tatap muka, para mahasiswa punya kesempatan untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas kampus. Berbeda dengan belajar di rumah, ada banyak fasilitas penunjang yang bisa memperlancar aktivitas belajar mahasiswa, termasuk di antaranya adalah perpustakaan, jaringan WiFi, komputer, laboratorium, serta ruangan kelas.

Ditambah lagi, Universitas Telkom adalah perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini merupakan hasil peleburan dari empat institusi yang berada di bawah naungan YPT, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Jadi, tidak heran kalau Anda bisa menemukan fasilitas penunjang yang sangat lengkap di Tel-U.

2. Lebih Aktif Bergerak

Saat melakukan perkuliahan jarak jauh, mahasiswa memiliki kecenderungan untuk berdiam diri di dalam rumah. Situasinya bakal berbeda ketika mereka ikut serta dalam kuliah tatap muka. Mahasiswa bisa bergerak secara lebih aktif yang kemudian berdampak positif pada kondisi tubuh yang lebih sehat.

3. Lebih Interaktif

Kuliah online saat ini memang terasa lebih interaktif berkat adanya fasilitas penunjang berupa akses internet cepat dan aplikasi seperti Zoom. Namun, interaksi yang berlangsung antara mahasiswa dan dosen tidak terlalu intensif, terutama dibandingkan dengan perkuliahan offline.

Seperti yang Anda ketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang punya kecenderungan suka berkumpul dengan orang lain. Lewat interaksi dengan orang lain, Anda bisa bertukar pikiran tentang berbagai hal. Anda pun punya kesempatan lebih banyak untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti senang-senang atau sekadar berkumpul.

Itulah informasi penting berkaitan dengan pelaksanaan program kuliah tatap muka 2021 di Telkom University. Tidak menutup kemungkinan pembelajaran tatap muka akan berlangsung secara menyeluruh. Terlebih lagi, kasus COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Setiap mahasiswa Tel-U mempunyai kesempatan untuk memperoleh pembelajaran secara tatap muka. Tidak hanya mahasiswa lama, tetapi juga mahasiswa baru. Jadi, Anda pun bisa memperoleh layanan serupa ketika ingin bergabung dengan Telkom University lewat program seleksi yang tengah berjalan.